- Diposting oleh : MTs RUPA
- pada tanggal : Oktober 25, 2022
ABSTRAKSI
Syaifulloh,2019 :
Pelaksanaan Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas VII Di MTs Raudlatul Ulum Putra
Kata Kunci :
Pelaksanaan , Tutor , Sebaya ,
Peningkatan Hasil Belajar , Al Quran Hadits
Pendidikan Al Qur’an Hadits di
MTs Raudlatul Ulum Putra
sebagai bagian dari integral dari pendidikan Agama , memang bukan
satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian,
peserta didik, tetapi secara subtansional mata pelajaran mta pelajaran Al Q
ur’an Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik
untuk mempraktekkan nilai-nilai agama sebagai mana terkandung dalam Al Qur'an
Hadits dalam kehidupan sehari – hari. Yang dimaksudkan pada penelitian tindakan
kelas ini adalah hasil setelah siswa belajar, yaitu berupa nilai ulangan.
Tutor sebaya adalah Pembimbing
atau pihak yang menfasilitasi akan suatu hal ( kegiatan belajar ) diambil dari
sekelompok peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian,
nilai rata-rata bidang study Al Qur'an Hadits sebalum Siklus I ( pertama ) di
dapat nilai 56,4 . Siklus II ( kedua ) 68,3 dan Siklus III ( ketiga ) 82,1.
Dengan hasil tersebut dapat di ketahui bahwa
nilai rata-rata atau hasil belajar siswa kelas VII MTs Raudlatul Ulum
Putra tahun 2008 / 2009 dengan kriteria
yang cukup baik dan mengalami peningkatan, hal tersebut menunjukkan bahwa
Pembelajaran Al Qur'an Hadits dengan Sub Bahasan ” Taqwa dan Berakhlaq Mulia
Kepada Sesama ” dengan pelaksanaan tutor sebaya menunjukkan keberhasilan.