Skip to Content
Loading...
Admin MTs RUPA
Admin MTs RUPA
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an


ABSTRAK

            Penelitian Tindakan Kelas (PTK) : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Di Kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021, Syaifulloh, MTs Raudlatul Ulum Putra

Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inquiry Learning, Al-Qur’an Hadis 

            Diketahui bahwa hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa sulit memahami materi yang disampaikan guru dan lemahnya metode yang digunakan guru selama pembelajaran. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021sering disampaikan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa sering merasa bosan dan sulit memahami materi. Oleh karena itu, peneliti tergerak untuk meneliti hasil belajar, faktor yang mempengaruhi hasil belajar, dan bagaimana meningkatkan hasil belajar mata pelajaran AlQur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021 melalui penerapan metode Inquiry Learning.

            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflecting). Dalam pelaksanaan PTK ini, untuk tahap pelaksanaan dan pengamatan dilakukan secara bersamaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi dan dokumentasi. Adapun analisis penelitian yang digunakan adalah analisis data hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021.

            Berdasarkan analisis terhadap hasil belajar dan observasi diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021. masih rendah karena beberapa faktor, yaitu: 1) metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, 2) terbatasnya sumber belajar yang digunakan, 3) siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan diterapkannya metode inquiry learning terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits memberikan dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa, yaitu meningkatnya hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021. Hal tersebut dibuktikan dari hasil belajar siswa pada pra siklus dengan pre tes dengan hasil 19.23% yang mencapai KKM dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode inqury learning, sedangkan pada siklus I  mencapai persentase ketuntasan 42,30 %,dengan menerapkan metode inqury learning Free  kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu mencapai persentase ketuntasan 84,61 % dengan pembelajaran menggunakan metode inqury learning Guide. Artinya peneilian ini sudah melebihi aspek yang telah ditetapkan oleh peneliti dan dianggap berhasil.

UNDUH LAPORAN PTK DISINI


Berbagi

Postingan Terkait

Posting Komentar

Konfirmasi Penutupan

Apakah anda yakin ingin menutup pemutaran video ini?