- Diposting oleh : MTs RUPA
- pada tanggal : Oktober 22, 2022
ABSTRAK
Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan
Menggunakan Metode Inquiry Learning Pada Mata
Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Kelas VIII MTs Raudlatul
Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021, Syaifulloh, MTs Raudlatul Ulum Putra
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inquiry
Learning, Al-Qur’an Hadis
Diketahui bahwa hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa
kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra
- Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa sulit memahami materi
yang disampaikan guru dan lemahnya metode yang digunakan guru selama
pembelajaran. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021sering disampaikan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa
sering merasa bosan dan sulit memahami materi. Oleh karena itu, peneliti
tergerak untuk meneliti hasil belajar, faktor yang mempengaruhi hasil belajar,
dan bagaimana meningkatkan hasil belajar mata pelajaran AlQur’an Hadits siswa
kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra
- Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021 melalui penerapan metode Inquiry Learning.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri
dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan
(acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflecting). Dalam
pelaksanaan PTK ini, untuk tahap pelaksanaan dan pengamatan dilakukan secara
bersamaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021 yang berjumlah 28 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi dan dokumentasi. Adapun
analisis penelitian yang digunakan adalah analisis data hasil belajar mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten
Malang Tahun Ajaran
2020-2021.
Berdasarkan analisis terhadap hasil belajar dan observasi diperoleh
kesimpulan bahwa hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII
di MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020-2021. masih rendah karena
beberapa faktor, yaitu: 1) metode pembelajaran yang digunakan kurang
bervariasi, 2) terbatasnya sumber belajar yang digunakan, 3) siswa kurang
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan diterapkannya metode inquiry learning terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits memberikan dampak yang baik
terhadap hasil belajar siswa, yaitu meningkatnya hasil belajar mata pelajaran
Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Putra - Kabupaten
Malang Tahun Ajaran
2020-2021. Hal tersebut dibuktikan dari hasil belajar siswa pada pra siklus dengan pre tes dengan
hasil 19.23% yang mencapai KKM dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode inqury
learning, sedangkan pada siklus I mencapai persentase ketuntasan 42,30 %,dengan menerapkan metode inqury learning
Free kemudian mengalami peningkatan pada siklus II
yaitu mencapai persentase ketuntasan 84,61 % dengan pembelajaran menggunakan metode inqury
learning Guide. Artinya peneilian ini sudah melebihi aspek yang telah
ditetapkan oleh peneliti dan dianggap berhasil.